Kamis, 15 Januari 2009

Kolumnis Israel: Militer Israel ke Gaza Gagal, Pasukan Kami Tidak Manusiawi

Gaza – Infopalestina: Sejumlah kolumnis dan elit Israel mengakui agresi militernya ke Jalur Gaza akan menemui kegagalan telak dan tidak akan berhasil mengakhiri pemerintah Hamas di Jalur Gaza.

Mereka menyebut bahwa militer Israel yang masih melakukan kejahatan perang terhadap sipil Palestina di Jalur Gaza sebagai “pasukan tidak manusiawi”. Padahal mereka tidak mampu menghentikan roket perlawanan Palestina yang masih terus membombardir jantung Israel.

Jalur Gaza masih dijajah

Kelumnis Israel Avev Levi menulis artikel di harian Maarev bahwa Jalur Gaza masih akan dijajah Israel dan tidak akan merdeka. Israel tidak akan keluar dari sana. Benar Israel menarik diri ke perbatasan Jalur Gaza namun Israel tidak akan menghentikan penjajahannya, dan akan kami jajah dari luar, tutur Avev. Ia menegaskan bahwa Gaza tidak akan memiliki pelabuhan atau bandara. Israel juga akan menguasai listrik dan ekonomi, air, makanan untuk Gaza.

Tanpa malu

Avev menyatakan soal pembunuhan militer Israel terhadap sipil Palestina bahwa militer Israel sudah mengirim email ke warga Jalur Gaza sebelum dibom dan diserang. Karenanya, kami adalah orang-orang yang bermoral, tutur Avev tanpa rasa malu. Ia menegaskan bahwa semakin luas Israel membakar Gaza, ia tidak menangis pada saat itu.

Militer Israel tidak akan bisa hentikan roket

Sementara itu kolumnis Israel Gade Taub menulis di harian Maarev dengan judul “biarkan Hamas memerintah”. Ia mengaku bahwa tidak mungkin militer Israel bisa menghentikan roket Al-Qassam yang dilepaskan dari Jalur Gaza. Semua sudah jelas bahwa Israel tidak mungkin mengusir setiap warga Jalur Gaza yang melepaskan roket.

Tidak mungkin Mengakhiri Hamas

Sementara Dove Vasgolas, penasehat khusus mantan PM Israel, Ariel Sharon menegaskan bahwa pasukan Israel tidak akan bisa mengakhiri dan menghabisi Hamas di Jalur Gaza. Itu akan sangat sulit diwujudkan, katanya. Di harian Yediot Aharonot dengan judul “jalan keluar tanpa gencatan senjata” ia menulis bahwa tujuan akhir militer Israel di Jalur Gaza adalah menjauhkan Hamas dari pemerintahan, namun itu tidak mungkin diwujudkan dengan sarana militer.

Perang militer gagal

Dove menegaskan pentingnya dihentikan agresi militer Israel ke Jalur Gaza karena akan gagal. Namun ia mengisyaratkan pentingnya memberikan sanksi kepada Jalur Gaza dan Hamas dengan “mengisolasi secara ekonomi” karena itu dianggap jalan satu-satunya yang mendorong Palestina memusuhi Hamas.

Tidak ada komentar: